Klasifikasi Software Berdasarkan Jenis dan Distribusi

Di-tag: 

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #955
      Fandi Destanto
      Keymaster

      Software dikelompokkan dalam dua klasifikasi, yaitu berdasarkan jenis dan distribusi. Ulasannya sebagai berikut:

      1. Software Berdasarkan Jenis
      Ada beberapa jenis software atau perangkat lunak di dalam sebuah sistem operasi komputer, di antaranya:

      Application Software (perangkat lunak aplikasi). Software ini punya fungsi tertentu, misalnya untuk presentasi dan pengolahan data. Contoh application software: Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org.
      Operating System (sistem operasi). Fungsi software ini biasanya digunakan untuk mengkoordinasikan tiap komponen dan fungsi komputer. Contoh: Windows, DOS, dan Linux.
      Programming Language (bahasa pemrograman) adalah software yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar. Contoh: PHP, Java, dan Microsoft Visual Basic.

      2. Software Berdasarkan Distribusi
      Selain jenis-jenis software di atas, ada beberapa software lainnya yang diklasifikasikan berdasarkan distribusi, antara lain:

      Freeware, yaitu software tanpa batas waktu tertentu. Biasanya, software jenis ini memiliki fitur kurang lengkap dan tidak maksimal.
      Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
      Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya, software jenis ini banyak disalahgunakan, seperti untuk mencuri data dari komputer lain.
      OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
      Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas.
      Malware, yaitu software yang dianggap sebagai perusak, sehingga bisa berbahaya jika software malware disalahgunakan.
      Firmware, yaitu jenis software penyimpanan yang hanya dapat dibaca atau Memory Read Only. Software ini bersifat paten, sehingga tidak bisa dilakukan modifikasi atau pengembangan meskipun ada masalah dalam fungsinya.

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
Back to top button