Ikuti 5 Sertifikasi Digital Marketing yang Bisa Dukung Kariermu

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #919
      Fandi Destanto
      Keymaster

      Memiliki sertifikasi dapat mendukung pekerjaan dan jenjang kariermu. Digital marketing adalah salah satu bidang yang menawarkan berbagai sertifikasi untuk akselarasi karier.

      Sebagai seorang digital marketer, kamu perlu memahami penggunaan platform digital yang digunakan untuk memasarkan produk beserta analisisnya.

      Untuk mengasah kemampuan serta meningkatkan kredibilitasmu sebagai seorang digital marketer, kamu bisa mengikuti salah satu dari beberapa sertifikasi berikut.

      1. Google Analytics Individual Qualification
      sertifikasi untuk digital marketing google analytics
      © Unsplash.com

      Sertifikasi yang paling banyak disarankan untuk digital marketing adalah Google Analytics Individual Qualification.

      Sertifikasi ini akan menguji kemampuanmu dalam memahami Google Analytics secara mendalam.

      Kemampuan untuk memahami Google Analytics diperlukan untuk menganalisis performa strategi marketing yang dijalankan dan kekurangannya.

      Dengan kemampuan ini, kamu bisa membuat strategi yang efektif untuk setiap strategi marketing.

      Untuk mengikuti Google Analytics Individual Qualification, kamu bisa mempelajari materinya terlebih dahulu melalui kursus Google Analytics for Beginners dan Advanced Google Analytics.

      Kursus ini tersedia secara online dan dapat diakses secara gratis. Setiap materi dalam kursus ini mengandung informasi-informasi berharga untuk pekerjaanmu sebagai digital marketer.

      Google Analytics Individual Qualification dapat diikuti secara gratis dengan durasi ujian selama 90 menit. Kamu harus mencapai skor setidaknya 80% untuk mendapatkan sertifikasi ini.

      Baca Juga: Mengikuti Workshop Marketing Ternyata Ada Banyak Manfaatnya, lho!
      2. Google Ads Certification
      cara menggunakan google data studio
      © Unsplash.com

      Selain Google Analytics Individual Qualification, salah satu sertifikasi yang juga banyak disarankan untuk digital marketing adalah Google Ads Certification.

      Neil Patel menyebut bahwa sertifikasi ini akan membantumu untuk memahami berbagai tools Google yang digunakan dalam campaign.

      Jika Google Analytics Individual Qualification berfokus pada kemampuan dasar, Google Ads Certification berfokus pada topik-topik yang lebih luas mengenai Google Ads.

      Sebelum mengikuti sertifikasinya, kamu bisa mengikuti kursusnya terlebih dahulu secara gratis.

      Pada kursus tersebut, kamu akan lebih memahami mengenai value proposition sebuah iklan digital, cara membangun kampanye dari awal, hingga mengukur metrik dari iklan yang dijalankan.

      Seperti halnya Google Analytics Individual Qualification, kamu juga bisa mengikut kursus dan sertifikasi ini secara gratis.

      3. Facebook Certified Planning Professional

      © Unsplash.com

      Jika kamu sering mengandalkan media sosial seperti Facebook dan Instagram dalam strategi digital marketing, Facebook Certified Planning Professional merupakan sertifikasi yang tepat untuk kamu ambil.

      Business menyebut bahwa sertifikasi ini diperuntukkan bagi siapapun yang mengelola halaman Facebook dan yang menargetkan audiens untuk pengaruh terbesar.

      Sertifikasi ini berfokus pada pengoptimalan jangkauan dan frekuensi, menentukan KPI kampanye, merencanakan strategi dan anggaran, dan mengukur kinerja kampanye.

      Kamu bisa mengakses materi-materi dari sertifikasi ini secara gratis. Namun, kamu harus membayar sebesar 150 dolar AS untuk sertifikasi yang nantinya akan berlaku selama satu tahun.

      Baca Juga: Yuk Cari Tahu Buku Digital Marketing yang Wajib Kamu Baca
      4. HubSpot Content Marketing Certification

      © HubSpot.com

      Apabila kamu lebih berfokus pada content marketing dalam digital marketing, HubSpot Content Marketing Certification adalah program sertifikasi yang tepat untuk kamu.

      Sertifikasi ini ditujukan bagi digital marketer yang berfokus membuat dan mempromosikan konten untuk tujuan mendatangkan audiens baru.

      Kursus yang tersedia untuk program ini mencakup tips dan praktik terbaik untuk membangun konten menjadi aset marketing yang berharga.

      Kamu dapat mengikut kursus dan sertifikasi ini secara online dan gratis.

      5. Sertifikasi digital marketing BNSP
      sertifikasi profesi
      © Freepik.com

      Badan Nasonal Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga nasional yang bertanggung jawab mengeluarkan sertifikasi untuk berbagai profesi. Salah satu sertifikasi yang dikeluarkannya adalah untuk digital marketing.

      Dilansir dari LSP Digital, sertifikasi ini dapat kamu ikuti apabila kamu telah lulus SMA (atau sederajat) dan/atau telah bekerja di bidang digital marketing selama minimal satu tahun.

      Untuk mengikuti sertifikasi ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp1 juta. Sertifikasi yang diperoleh akan memiliki masa berlaku selama tiga tahun.

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
Back to top button