Email Marketing: Pengertian dan Manfaat Utamanya Bagi Bisnis Kecil

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #870
      Fandi Destanto
      Keymaster

      Email marketing pada bisnis kecil mengacu pada strategi pemasaran digital dengan cara mengirim email ke calon pelanggan dan prospek yang sudah ada. Ini adalah alat pemasaran langsung yang hemat biaya untuk menjangkau dan terlibat dengan pelanggan Anda, mempromosikan merek Anda, dan meningkatkan penjualan.

      Tidak hanya mudah dikelola, tetapi cari ini juga memberi pemilik bisnis cara langsung dan efektif untuk terhubung dengan prospek, membina mereka, dan mengubah penawaran menjadi penjualan. Bahkan dengan kemajuan teknologi dan saluran media sosial, email marketing terus memberikan ROI tertinggi bagi pemasar.

      CRM dan Email Marketing untuk Bisnis Kecil
      CRM (customer relationship management) atau sistem manajemen hubungan pelanggan digunakan oleh bisnis kecil untuk manajemen penjualan, manajemen kontak, meningkatkan produktivitas, dll.

      CRM mencatat informasi kontak pelanggan, menangkap interaksi bisnis dengan pelanggan, mengatur informasi untuk memberikan catatan lengkap secara individu atau entitas bisnis dan membantu dalam menempa dan mengembangkan hubungan pelanggan jangka panjang.

      Ini memberikan informasi penting tentang pendapatan penjualan, prospek, kontak, pelacakan aktivitas, saluran pemasaran, dan peluang.

      Alat email marketing digunakan untuk menampung informasi kontak pelanggan dan mengirim daftar kontak tersegmentasi yang ditargetkan dan menyiarkan pesan email.

      Pesan email mendorong berbagai jenis tindakan berdasarkan perilaku setiap orang di daftar kontak, nantinya Anda bisa melacak kinerja kampanye termasuk berapa banyak orang yang telah membuka email mereka dan mengklik tautan.

      Setiap bisnis kecil membutuhkan sistem CRM untuk melacak dan merekam data. Alat CRM bisnis kecil memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola berbagai aspek perusahaan, termasuk pemasaran email. Software email marketing digunakan untuk melacak rasio klik-tayang, rasio terbuka, konversi, dan rasio pentalan (bounce rate).

      Mengapa Bisnis Memerlukan Email Marketing?
      Bisnis menggunakan email marketing untuk menghubungkan dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial mereka, menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan saat ini dan memperbarui informasi kepada mereka tentang perubahan dalam bisnis, menawarkan promosi dan kupon untuk mendorong loyalitas pelanggan.

      Dalam penelitian oleh MarketingSherpa, ditemukan bahwa sebagian besar orang dewasa di dunia ingin menerima email promosi dari perusahaan tempat mereka berlangganan.

      Berikut beberapa alasan mengapa bisnis kecil menggunakan pemasaran email untuk menjangkau orang-orang secara langsung di tempat yang paling sering mereka kunjungi – kotak masuk mereka:

      Email membantu bisnis kecil membangun kredibilitas dengan pelanggan mereka dengan berbagi konten yang bermanfaat dan informatif
      Email memberi Anda kemampuan untuk tetap menjadi yang pertama diingat dan membuat orang tetap terlibat dengan bisnis Anda
      Email marketing adalah alat yang berharga untuk meningkatkan penjualan – baik secara online maupun di dalam toko
      Cara ini tidak mahal, mudah, dan memiliki ROI yang tinggi dibandingkan dengan pemasaran di saluran tradisional seperti TV dan radio
      Mudah untuk menjangkau pelanggan di perangkat seluler
      Pemasaran email memudahkan Anda untuk melacak berbagai metrik dan melihat bagaimana kinerja email Anda
      Buletin email adalah cara terbaik untuk menghasilkan arahan untuk bisnis dan menarik klien baru
      Alih-alih harus menunggu hasil, dengan email, Anda dapat melacak bagaimana kinerja berbagai kampanye Anda dan membuat perubahan yang sesuai

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
Back to top button