Apakah Email Marketing Adalah CRM?

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #863
      Fandi Destanto
      Keymaster

      Email memang sering digunakan untuk kepentingan pemasaran dan komunikasi perusahaan dengan pelanggan. Banyak yang mengira bahwasannya email ini adalah CRM. Padahal, email dan CRM merupakan alat yang berbeda. Kita tahu, email hanya menjadi alat yang menghubungkan komunikasi antara individu dan tim, tim dengan pelanggan yang merupakan komunikasi satu arah. Penggunaan email tidak serta merta akan menjadikan alat ini sebagai CRM begitu saja. Jelas dalam fungsinya, email maupun CRM memiliki fungsi yang berbeda.

      Email dapat menjadi alat yang baik untuk bisnis tetapi juga dapat menjadi alat yang buruk untuk perusahaan. Mengapa, ketika tim sales dan tim marketing tidak mengindahkan norma dalam pengiriman email, maka pelanggan maupun prospek dapat memberikan respon negatif terhadap perusahaan tersebut. Apalagi ketika perusahaan mengirimkan email dengan cara spamming, ini akan semakin merusak kepercayaan prospek kepada perusahaan.

      Berawal dari kejadian seperti inilah, perusahaan harus mulai menerapkan aplikasi CRM untuk kepentingan komunikasi antara prospek dan pelanggan dengan tim dari perusahaan. Seperti nama dari aplikasi ini, CRM adalah aplikasi untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan aplikasi CRM, perusahaan dapat menghubungi prospek dan pelanggan dengan lebih terorganisir untuk menghindari komunikasi yang berlebihan. Ketika komunikasi berlebihan terjadi, pelanggan akan kurang percaya dengan apa yang ditawarkan. Oleh karena itu, apabila ada batasan yang baik dalam berkomunikasi, hubungan antara perusahaan dengan pihak luar akan menjadi lebih baik pula.

      Aplikasi CRM tidak hanya untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan/prospek saja. Personalisasi pesan yang akan dikirimkan kepada pelanggan/prospek pun dapat dilakukan. Ketika pengiriman pesan melalui email ini dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan prospek dan pelanggan, tentunya ini akan menjadi komunikasi yang dapat menghasilkan penjualan.

      Dari sini, Anda sudah mengerti bahwa email marketing bukanlah CRM. Email merupakan alat untuk membantu komunikasi. Sedangkan CRM merupakan alat yang dapat mengelola hubungan serta untuk mengatur email seperti apa yang harus dikirimkan oleh tim marketing maupun sales agar tercapai kesuksesan dalam penjualan maupun pemasaran dengan berbasis data pada sistem. CRM adalah alat untuk mengintegrasikan email dan riwayat komunikasi yang telah dilakukan oleh tim. Sedangkan email, tidak memiliki kemampuan seperti itu.

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
Back to top button