5 Perbedaan (Mendasar) CRM dan Email Marketing

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
    • #864
      Fandi Destanto
      Keymaster

      5 Perbedaan(Mendasar) CRM dan Email Marketing – Mungkin belum semua dari pemilik bisnis peduli terhadap database pelanggannya, anda bisa mulai memelihara data pelanggan anda dengan menggunakan email dan CRM, apa sih CRM dan Email Marketing ?

      5 Perbedaan (Mendasar) CRM dan Email Marketing
      Memelihara Data Pelanggan
      Para pebisnis atau marketing umumnya sudah tau bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru tentunya lebih mahal.

      Begitu juga dengan usaha (effort) yang dilakukan pun juga memerlukan kerja keras.

      Karenanya melakukan pemeliharaan (Maintenance) pelanggan lama atau end customer akan lebih mudah dan murah.

      Selain itu, pelanggan lama juga sudah mengenal produk kita, sehingga mudah untuk mengajak mereka melakukan pembelian berulang (Repeat Order).

      Namun bagaimana kalau pelanggan kita banyak dan mulai bingung mengelolanya?

      dan satu satunya jawaban yang paling memungkinkan adalah otomatisasi !

      Lantas apa hubungannya CRM dan Email marketing juga otomatisasi terhadap pelanggan?

      Oke, sebelum itu kita bahas satu per satu definisi dari CRM dan Email marketing.

      CRM
      Sejarah CRM
      CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan.

      CRM berdasarkan sejarahnya, dilansir dari Wikipedia, dimulai pada era tahun 1970an, yang dimana survey terhadap kepuasan pelanggan dilakukan.

      Kemudian berkembang mejadi sebuah database dan kini berkembang menjadi software yang mudah untuk diotomatisasi.
      Fungsi CRM
      CRM sendiri memiliki beberapa fungsi, yaitu :

      Pengelolaan Kontak
      Pengelolaan Prospek (Leads)
      Pengelolaan Penjualan
      Pelaporan Penjualan
      dll
      Pengelolaan Kontak
      Pada Software CRM anda bisa menuangkan semua informasi yang anda ketahui tentang pelanggan anda.

      Bahkan untukyang sangat mendetail seperti misalkan : Produk apa yang dibeli, bagaimana responnya, dll
      Pengelolaan Prospek
      Prospek atau dikenal juga dengan Leads sudah selayaknya kita lakukan pemeliharaan yang baik, sampai akhirnya mereka membeli produk kita.

      Untuk mengkonversi leads menjadi pelanggan merupakan hal yang menantang dan seru.

      namun dibalik sekedar seru, ada kita memerlukan data, berapa yang tetap menjadi list, berapa yang konversi menjadi sales.

      Pengelolaan Penjualan
      Pada CRM kita akan menemukan Dashboard yang berisi pelaporan sales / penjualan /Forecast.

      Karena pada setiap campaign, kita bisa memasukkan budget yang kita gunakan, juga nanti kita laporkan berapa nilai penjualan yang terjadi.

Melihat 0 pertalian (thread) balasan
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
Back to top button